Punya baterai smartphone ngedrop'an ?, 5 tips cara meningkatkan masa pakai baterai sering ngedrop


   

    
Tidak jarang pasti ada beberapa  diantara baterai smartphone pembaca sering mengeluhkan tentang masalah pada baterai smartphonenya yang sering  cepat nge-drop dan tidak awet, begitu juga seperti yang sedang di alami penulis yaitu baterai smartphone lenovo a 2010 juga sudah mulai sering ngedrop, tetapi tenang saja dan jangan khawatir. Karena Hampir semua pengguna smartphone sebenarnya juga sering mengeluhkan hal yang sama. Yaitu Masalah tentang kinerja baterai smartphone , yang kenyataanya ternyata berbanding lurus dengan  tingkat konsumsi daya di smartphone yang sedang  kita miliki . dan Tentunya juga, pada titik tertentu seiring berjalannya waktu  perkembangan teknologi  baterai pasti tetap akan terus berkembang, sehingga  semakin kedepan maka akan meningkat pula kualitas baterai. Dan jika pembaca  ingin menghindari masalah pada baterai smartphone yang sedang di alami saat ini, maka di artikel ini penulis akan mengulas dan berbagi pengetahuan tentang  5 tips untuk meningkatkan masa pakai baterai smartphone yang sering ngedrop. Dan mari kita simak bersama sama dibawah ini, yuk langsung cekidot yaa 



1. Cek  aplikasi yang paling bikin boros baterai

Akhir – akhir ini, baik Android dan iOS sebenarnya telah menerapkan pemantauan konsumsi baterai untuk membantu pengguna menemukan aplikasi apa saja yang paling banyak mengonsumsi daya baterai. Untuk mengetahuinya maka pembaca pertama – tama Tap Setting/pengaturan pada smartphone pembaca , lalu pilih opsi Baterai untuk melihat pengelompokan terorganisir dari aplikasi apa saja yang menghabiskan daya baterai smartphone yang paling banyak. 



Biasanya kebanyakan tiap smartphone  pasti pada aplikasi dan fitur akan ditampilkan dalam bentuk daftar menurun yaitu, mulai dari tingkat konsumsi baterai paling banyak hingga yang paling sedikit.  Jika pembaca melihat aplikasi yang jarang pembaca gunakan atau memiliki fitur yang tidak pernah digunakan, maka jangan pernah ragu untuk menghapus instalasi aplikasi tersebut.


2. Kurangi Tingkat Kecerahan pada Layar




Tingkat kecerahan layar merupakan salah satu komponen yang paling banyak memakan daya baterai pada setiap smartphone. Dan solusi yang dapat pembaca lakukan adalah melakukan pengaturan pada brightness layar yaitu dengan cara Tap Setting  kemudian Tap Display and Brightness dan atur kecerahan layar sesuai keinginan pembaca.

3. Matikan Konektivitas yang Tidak Dibutuhkan





Setiap smartphone pasti memiliki berbagai macam jalur  konektivitas di dalamnya. Seperti LTE, NFC, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth. Akan tetapi apakah pembaca benar-benar selalu membutuhkan kesemua jalur konektivitas tersebut untuk selalu aktif seharian penuh? Maka ketahuilah, konsumsi baterai pembaca juga dipengaruhi oleh konektivitas tersebut. Jadi solusi terbaiknya adalah dengan Mematikan berbagai konektivitas yang tidak perlu, yakni saat pembaca sedang tidak membutuhkannya.

4. matikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang



Multitasking merupakan salah satu keunggulan pada fitur setiap smartphone yang cukup banyak digemari, karena  dengan fitur ini memungkinkan pembaca dapat kembali ke aplikasi sebelumnya saat tiba – tiba ingin menggunakannya. Namun aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut sebenarnya, masih tetap mengonsumsi energi daya baterai pembaca. Itu terjadi Karena saat aplikasi berjalan di latar belakang pasti akan selalu tetap membutuhkan konsumsi daya baterai. Dan solusinya adalah matikan aplikasi yang sebenarnya sedang tidak pembaca gunakan, dengan mematikannya maka pasti akan membuat pembaca secara drastis dapat mengurangi beban kerja CPU smartphone pembaca dan mengurangi konsumsi dayanya.

5. matikan segala notifikasi yang tidak penting





kelihatannya akan tidak berguna jika smartphone tidak selalu terhubung dengan internet. Hampir setiap aplikasi sekarang pasti tetap membutuhkan selalu untuk terhubung dengan internet dan  juga untuk update setiap saat serta, memunculkan notifikasi untuk memberitahukan pembaruan, berita, pesan, dan informasi lainnya. Ketika memuat notifikasi tersebut, notifikasi dari aplikasi tersebut  mungkin akan berbunyi, atau menyalakan LED layar pembaca dan menampilkan pesan. Notifikasi yang muncul akan  membuat LED pembaca berkedip, atau bahkan mengeluarkan suara audio. Semua hal ini juga tentu dapat menghabiskan energi. Maka solusi yang harus dilakukan pembaca adalah dengan menonaktifkan notifikasi  aplikasi tertentu pada smartphone pembaca. yaitu dengan menghilangkan tanda centang seperti yang ditunjukkan pada contoh gambar diatas 

Demikian tentang 5 tips untuk meningkatkan masa pakai baterai smartphone yang sering ngedrop. semoga bisa membantu dan bermanfaat buat pembaca.


 




0 Response to "Punya baterai smartphone ngedrop'an ?, 5 tips cara meningkatkan masa pakai baterai sering ngedrop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel