5 tips gampang Mengatasi SIM Card tidak terdeteksi di HP Android





Permasalahan yang biasanya terjadi pada Kartu SIM Card adalah ketika kartu SIM pembaca sudah dimasukkan secara benar namun ternyata tiba - tiba smartphone pembaca tidak dapat mendeteksi kartu SIM tersebut alias hilang sinyal. dan ini bisa disebabkan karena kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak/sistem, maupun hardware pada smartphone pembaca, khususnya juga mungkin pada kartu SIM pembaca.

Dan di artikel ini penulis akan mencoba membantu dan berbagi tips kepada pembaca tentang 5 tips gampang Mengatasi SIM Card tidak terdeteksi di HP Android dan yuk langsung saja  kita simak bersama – sama untuk langkah – langkahnya :



1. Restart perangkat smartphone

 

 


Tips pertama adalah mari kita coba dengan cara tercepat dan termudah untuk mengatasinya. yaitu dengan mencoba Restart smartphone pembaca. Karena pada saat merestart smartphone pembaca sama dengan merefresh(menyegarkan) sebagian besar perangkat lunak di dalam smartphone pembaca. Jadi dengan merestart perangkat smartphone pembaca, akan memungkinkan membuat perangkat smartphone kembali membaca SIM Card yang tadinya tidak terdeteksi alias hilang sinyal. 

 

2. Bersihkan SIM card 



 
Jika langkah pertama tadi belum berhasil maka langkah kedua  yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan SIM card. Caranya adalah pertama – tama matikan smartphone pembaca lalu Buka dan lepaskan kartu SIM yang tidak terbaca dari slot smartphone Android yang tersedia lalu coba bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM pada smartphone pembaca cukup dengan menggunakan karet penghapus. Selanjutnya  coba aktifkan kembali smartphone pembaca dan tunggu hingga SIM card menanggapi serta terhubung kembali ke jaringan komunikasi.


3. Setting ulang jaringan
 
Jika cara kedua masih gagal , kemungkinan ada trouble pada bagian jaringan dari operator yang pembaca gunakan Untuk mengatasi masalah ini, kita coba dengan cara ketiga yaitu dengan setting ulang jaringandi smartphone pembaca yaitu bisa di-setting secara otomatis, ataupun pembaca juga bisa setting ulang jaringan secara manual dengan cara Tap menu Settings kemudian Tap Network & Internet setelah itu Tap Mobile network dan terakhir Tap Access Point.
 


Pada menu Access Point pembaca langsung bisa mengatur APN secara manual sesuai jaringan dan operator yang sedang pembaca gunakan saat ini.


4. Reset ke setelan Pabrik pada Smartphone



Jika cara ketiga masih gatot alias gagal total, sekarang kita coba dengan langkah keempat yaitu Reset ke setelan Pabrik yang berfungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula, sama seperti pengaturan pabrik alias seperti baru tapi penulis ingatkan dahulu sebelum melakukan cara ini pembaca harus berhati - hati . Karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan terhapus. Sehingga pastikan untuk melakukan proses back up terlebih dahulu terhadap data-data penting.


5. Coba dengan kartu SIM lain




Jika langkah keempat  masih belum berhasil jangan panik dulu, kita coba dengan langkah kelima yaitu dengan mencoba kartu SIM lain. Yaitu dengan cara pasang SIM card milik pembaca pada smartphone yang lain untuk mendeteksi kerusakan. Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka salah satu dugaan adalah SIM card milik pembaca ternyata sudah rusak. Namun jika SIM berfungsi di smartphone Android lain, bisa saja ada komponen yang sedang mengalami malfungsi.


Demikian tentang 5 tips gampang Mengatasi SIM Card tidak terdeteksi di HP Android  yang telah penulis ulas diatas, semoga bisa bermanfaat buat pembaca.

 

 







0 Response to "5 tips gampang Mengatasi SIM Card tidak terdeteksi di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel