4 cara mudah mengatasi bluescreen pada komputer atau laptop




Pembaca pasti pernah mengalami sebuah pengalaman yang tidak mengenakkan yaitu saat komputer atau laptop digunakan tiba – tiba pada layar monitor berubah menjadi biru atau bisa disebut dengan istilah  Blue Screen of Death lebih kerennya. Semua pembaca di artikel  mungkin tidak ada yang ingin BSOD terjadi pada komputer atau laptopnya. Penyebab BOSD  disebabkan karena kemungkinan adanya software yang terkena virus, hardware yang crash atau hal – hal lain sehingga membuat sistem operasi  harus restart.  Kali ini penulis  akan membahas tentang 4 cara mudah mengatasi Blue Screen pada komputer dan laptop. Yuk langsung simak saja ulasannya dibawah ini 


Langkah utama Coba download Blue Screen view dahulu



Langkah pertama yang dapat pembaca lakukan adalah dengan Download terlebih dahulu software yang bernama "BlueScreenView", penulis akan langsung memberikan link nya dibawah ini, sehingga pembaca  bisa download melalui link dibawah ini 


 


Jika sudah terdownload,pembaca bisa  langsung buka saja software tersebut tanpa perlu diinstall lagi. Dapat kita lihat gambar diatas Pada nomor 1, pilih "Dump Files" terbaru atau teratas. Dan Pada nomor 2, kita dapat mengetahui penyebab blue screen di komputer . Selesai, sekarang  pembaca sudah mengetahui dahulu tentang penyebabnya.
Setelah pembaca mengetahui penyebab blue screen dengan menggunakan Software Blue Screen View, ada dua pilihan yang dapat pembaca lakukan yaitu bisa konsultasikan langsung ke ahli IT di tempat servis laptop dan komputer terdekat dengan menunjukkan gambar screenshot dari software BlueScreenView

Dan juga jelaskan kronologinya, sehingga ahli IT akan lebih mudah untuk memberikan solusi atau memperbaikinya. Tapi jika pembaca ingin mencoba sendiri terlebih dahulu untuk alasan menambah pengalaman atau biar bisa lebih ngirit duit, berikut ini penulis akan memberi 4 tips yang bisa pembaca coba sendiri di rumah. 

1.  Full Scan Dengan Antivirus 



Jika penyebab blue screen terkait dengan file system, kemungkinan penyebabnya adalah karena komputer atau laptop pembaca terkena virus. Oleh karena itu cara pertama yang bisa pembaca coba, adalah dengan full scan menggunakan antivirus.

2. Lakukan System Restore

 

 

Jika cara pertama masih tetap blue screen bisa jadi karena pembaca menginstall suatu software atau driver namun hasilnya crash. maka cara kedua yang bisa dicoba, yaitu dengan melakukan System restore pada windows komputer dan laptop pembaca. 

3. Install Ulang Windows




Apabila cara kedua masih belum berhasil, pembaca  juga bisa coba dengan melakukan  reset Windows  atau install ulang Windows. biasanya dengan cara ini, problem tentang  blue screen yang terkait dengan software bisa dapat teratasi.

4. Lakukan Cek Hardware 

 


Sebagai contoh jika hasil dari analisa dari Blue Screen View mengatakan bahwa penyebabnya adalah terkait dengan permasalahan driver, dan juga apabila dengan reset atau install ulang Windows masih belum berhasil, maka kemungkinan besar penyebab blue screen terjadi karena ada masalah pada hardware. Cara mengatasi blue screen ini, yaitu dengan service dan melakukan maintenance hardware sendiri di rumah Pembaca atau bisa juga dengan membawa ke tempat servis komputer dan laptop terdekat cara lebih mudah dan paling aman.

Demikian ulasan tentang 4 cara mudah mengatasi Blue Screen pada komputer dan laptop semoga bisa membantu dan bermanfaat buat Pembaca.



 

0 Response to "4 cara mudah mengatasi bluescreen pada komputer atau laptop "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel