Pertolongan Pertama untuk gas motor matic nyangkut saat berkendara




Buat para pembaca  pengendara sepeda motor khususnya  pemilik  kendaraan motor  matic , pasti ada yang pernah  mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan,  yaitu pengalaman saat sedang menghandle, tiba – tiba handle gas kendaraannya nyangkut, dan lebih tidak mengenakkan lagi pada saat  sedang berkendara.


kasus gas nyangkut merupakan  kasus  yang tidak bisa kita remehkan.  apalagi  handle gas nyangkutnya  pada saat berkendara, maka  akan sangat membahayakan bagi pembaca, karena bila terjadi  handle gas  nyangkut, dapat  menyebabkan  putaran mesin menjadi  tidak terkontrol  sehingga  motor sulit untuk dikendalikan. Serem banget kan ?









walaupun  kasus  ini sangat jarang terjadi, tetapi  untuk pembaca  sebagai pengguna sepeda motor, khususnya pengendara motor matic, hal ini sangat penting untuk diketahui. Dan kali ini penulis akan mengulas  tentang  Pertolongan Pertama untuk  gas motor matic Nyangkut saat berkendara, sehingga setelah membaca artikel yang telah penulis ulas ini, pembaca  akan menjadi tahu bagaimana pertolongan pertama yang harus pembaca lakukan saat terjadi kasus gas nyangkut saat sedang berkendara. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.
 

Pertama – tama  yang harus pembaca lakukan ketika berkendara dalam kondisi handle gas nyangkut dan juga ditambah putaran mesin sepeda motor tidak bisa diturunkan, kunci utamanya adalah tetap tenang dan berusaha mengontrol diri agar tidak panik, karena jika kita berusaha untuk tetap tenang dan mampu mengontrol diri pasti akan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, terutama pada saat sedang berkendara di jalan raya. 







Setelah itu langkah selanjutnya yang harus pembaca lakukan adalah, usahakan untuk segera mematikan mesin. Khusus untuk motor jenis matic, pembaca bisa langsung dengan memutar kunci kontak agar mesin langsung mati. lalu lakukan pengereman kemudian segera menepi ke pinggir jalan dan berhenti agar aman terlebih dahulu.



Ketika sudah berhenti, langkah yang wajib pembaca lakukan adalah coba periksa pada kabel gas, dan gerak-gerakan pada bagian sarung kabel gasnya. Lalu putar-putar handle gas. jika dirasa masih bisa lancar ketika gas ditarik dan dilepas bisa otomatis kembali sendiri, coba kembali hidupkan motor dan mainkan gasnya. Jika  mesin motor dapat menyala, dan naik turunnya putaran mesin sudah sesuai dengan uliran gas dan dirasa sudah normal maka pembaca bisa melanjutkan perjalanan.




Namun apabila motor tidak bisa kembali normal, lalu putaran mesin masih meraung dan handle gas tidak mau turun secara otomatis, maka yang  perlu pembaca lakukan untuk tindakan lebih lanjut, adalah usahakan mencari bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan.
 

.dan juga jika sudah berhasil mengatasi handle gas nyangkut jangan merasa senang dahulu. karena, walaupun motor sudah dirasa 'normal' untuk berkendara, tetap saja pembaca perlu melakukan perbaikan lebih lanjut ketika nanti sudah sampai di lokasi tujuan, untuk jaga – jaga  agar kejadian serupa tidak akan terulang lagi. 


biasanya handle gas nyangkut terjadi ketika pembaca yang kurang merawat sepeda motor maticnya, terutama pada bagian spare part pengontrol putaran mesin motor tersebut. Dan agar terhindar dari kejadian handle gas nyangkut, pembaca harus sering-sering melakukan pengecekan dan melumasi pada kabel gas dengan cara menyemprotkan cairan pelumas. 




Demikian artikel singkat tentang  Pertolongan Pertama untuk  gas motor matic Nyangkut saat berkendara, semoga artikel ini dpat bermanfaat untuk pembaca, terutama ketika pembaca sedang mengalami gas nyangkut pada saat sedang berkendara di perjalanan.



0 Response to "Pertolongan Pertama untuk gas motor matic nyangkut saat berkendara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel