Begini Tanda Fuel Pump Mobil lemah dan Solusi Untuk mengatasinya




Fuel pump atau sering kita sebut sebagai pompa bensin merupakan salah satu komponen yang sangat penting, khususnya bagi pemilik kendaraan mobil. Kenapa di sebut dengan komponen yang sangat penting? karena fuel pump atau pompa bensin merupakan  salah satu komponen yang berfungsi untuk mengalirkan serta memompa bahan bakar dari tanki ke karburator.


Untuk fuel pump sendiri banyak digunakan di beberapa jenis kendaraan seperti pada motor dan mobil. Dan Terkadang  banyak pengguna mobil yang mengabaikan untuk coba mengecek komponen fuel pump ini, permasalahan yang terjadi pada mobil jika Fuel Pump bermasalah adalah dapat  membuat mesin mobil menjadi brebet, dan tidak bertenaga serta terkadang membuat mobil mati tiba-tiba pada saat mobil sedang dijalankan.
 


Dan di artikel ini Penulis akan membahas khusus kepada pembaca tentang Tanda Fuel Pump Mobil lemah dan Solusi Untuk mengatasinya yang dilansir dari situs http://www.panduanmontir.com



Tanda Fuel Pump Mobil  Lemah



1. Mobil susah dihidupkan 




Selain berfungsi  untuk mengalirkan serta memompa bahan bakar dari tanki ke karburator. fuel pump juga akan menjaga tekanan bensin untuk tetap stabil pada tekanan tertentu. Kalau pompa melemah, maka tekanan bensin juga akan  lebih lambat naiknya sehingga mesin tidak bisa satu kali start langsung  hidup tapi bisa tiga sampai empat kali start. Setelah mesin  sudah hidup, terkadang masalah lain juga akan datang. Saat digas, mesin akan brebet karena disebabkan oleh  kurangnya pasokan bensin. Bahkan kalau digas spontan mesin bisa mati. Ini adalah  indikasi kuat yang menandakan bahwa fuel pump sudah mulai lemah.



2. Suara dengungan pompa melemah




Ketika Pembaca mencoba memutar kunci kontak ke ON, akan terdengar bunyi dengungan selama beberapa detik yang berasal dari tanki. Ketika fuel pump lemah, bunyi dengungan tersebut juga akan melemah. Pembaca yang sudah terbiasa membawa mobil pasti akan merasakan perbedaannya.


Solusi untuk mengatasinya 


1. Cek Suara Dengung Didalam Tangki





Bila terjadi hal demikian terhadap mobil anda, maka cobalah Pembaca cek caranya dengan membuka tutup bensin pada mobil Pembaca. selanjutnya kontaklah pada posisi ON. bila tidak adanya suara dengung yang keluar dari dalam tangki maka dapat di pastikan fuel pump mobil anda sudah melemah atau bahkan mati. 
  
Tetapi perlu Pembaca ketahui terlebih dahulu, dan jangan langsung mengganti fuel pump mobil anda dengan yang baru, karena belum tentu jika fuel pumpnya yang mati total. Karena Bisa saja sekring fuel pump yang letaknya berada pada kap mesin tersebut yang mati.


2.  Cek Sekring Fuel Pump


Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada sekring fuel pump, karena sekring fuel pump biasanya terdapat di dalam kap mesin yang terdapat pada bagian depan mesin. karena letak sekring ini biasanya menyatu dengan beberapa sekring lainnya, seperti menyartu dengan sekring lampu, sekring starter dan juga yang lainnya.


Caranya cobalah cabut serta cek satu-satu sekring yang letaknya berada di dalam box sekring, bila ada yang putus atau bahkan terbakar dapat di pastikan itu ialahsekring fuel pump yang bermasalah


3. Semprotkan Carbu Cleaner Pada Karburator Atau Ijeksi

 



Cara terakhir untuk mengecek fuel pumpnya masih bagus atau tidak, anda dapat melakukannya menyemprotkan carbu cleaner pada karburator atau ijeksi mobil anda. Semprotkanlah beberapa kali karbu cleaner dan sambil di gas, selanjutnya lepaskan gas apakah mobil anda mati ataukah tidak.

Bila mobil Pembaca langsung mati setelah Pembaca semprotkan karbu cleaner maka sudah dapat ditebak fuel pump atau pompa bensin Pembaca sudah melemah. serta sudah waktunya untuk menggantinya dengan perangkat fuel pump yang lebih baru supaya mobil tidak kehilangan performa serta mogok pada saat di pakai perjalanan jauh.

Demikian tentang Tanda Fuel Pump Mobil lemah dan Solusi Untuk mengatasinya. Semoga dengan artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk pembaca.



0 Response to "Begini Tanda Fuel Pump Mobil lemah dan Solusi Untuk mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel