Penyebab Motor mogok, Khususnya Motor Matic dan juga cara mengatasinya




Motor Injeksi merupakan jenis motor yang menggunakanteknologiinjeksipada proses pembakarannyasehinggatenaga  yang dihasilkan akan lebih meningkat dibandingkan dengan mesin  kaburator.Injeksiadalahpencampuranbahanbakardenganudarauntukmenghasilkanbahanbakar  yang sempurna. Adanya kelemahan motor injeksitersebutadalahseringnyamogok di tengahjalandan di artikel ini penulis akan mengulas tentang Cara Memperbaiki Motor yang Mogok terutamaMotor  Injeksi  Dan untuk memperbaikinya ada berbagai cara, diantaranya:


1. Isi Bahan Bakar





Terkadang pemilik kendaraan motor injeksi tidak menyadari bahwa motornya kehabisan bahan bakar sehingga dapat menyebabkan sepeda motor yang dikendarainya. dan kehabisanbahanbakarseringkalidisebabkanolehpemilikkendaraan yang salahmemprediksijumlahbahanbakar yang tersisa di spedometernya dan bisa jugaakibatdariadanyakerusakanpada sensor penunjuk jumlah bahan bakar .Cara memperbaiki motor injeksi yang mogoktersebutterbilang cukupmudahyaitu dengan mengisikankembalibahanbakardenganjumlah yang sebaiknnyacukupbanyak.




2. Perbaiki CDI dan Busi





Busi dan CDI merupakankomponen yang berfungsidalam proses pengapianpadasistempembakaranmesininjeksi.Adanyamasalahpadakomponeninidapatmenyebabkanpembakaranpadamesintidakakanmaksimal. sehingga motor kurangtenagaatau bahkanmati.Jikakondisitersebutmunculmakasegeralahmembawasepeda motor injeksikebengkelterdekat agar tidakmenjadilebih parah. Namun, Jika motor sudahterlanjurmatimakahal yang harusdilakukanuntukmemperbaikinyaadalahdenganmenggantibusimaupunkomponen CDI.Dan untuk mengambil busi tersebut adalah dengan cara menggunakan kunci busi. 



3.  Periksa pada Bagian Fuel Pump





Untuk mengecek apakah Fuel Pump berfungsidenganbaikadalah dengancara mendengarkanbunyidengungan yang dihasilkansesaatsetelahkunciON.Jikatidakterdengarbunyidengungantersebutmakadapatdipastikanbahwa Fuel Pump dalamkondisibermasalah.Fuel Pump merupakansalahsatukomponenpadamesin motor injeksi yang berfungsi memompa bahan bakar kedalam injektor yang akanditeruskankebagianpembakaran.Adanyakerusakan/kondisimatipada fuel pump dapatmenyebabkanbahanbakartidakakanterpompamasukkedalampembakaransehinggamenyebabkansepeda motor tersebut tidakakanmempunyaitenagauntukdihidupkan.Caramemperbaikinyaakibat fuel pump bermasalah adalahcukupbawalahsepeda motor andakebengkelresmiagardapatdiperbaikiolehteknisi yang ahli.




4.  Periksa Aki Kendaraan
 



Memperhatikan Kondisi aki dan melakukan cara merawat aki motor yang benarmerupakansalahsatuhal yang dilakukanolehseorangpemiliksepeda motor injeksi. karena aki yang bermasalah dapat menyebabkan sepeda motor tidakdapatdigunakanlagi.Berbedadengansepeda motor bermesinkaburator yang masihbisatetap digunakan meskipundalamkondisiakimati. Akipadasepeda motor injeksidigunakanuntukmemompabensindanmenstabilkanaruspada system kelistrikandansepeda motor sertamembantumenstabilkan voltase agar berbagaimacamkomponen yang membutuhkanlistriktidakcepatmengalamikerusakan.Untukmengatasipermasalahanakiini, dibutuhkanlangkah untuk mencari caramengatasi permasalahanpada akirusakdanmati.Contohnyayaitu menentukan masalah tentang penyebabdarikondisiaki yang matitersebutapakahkarenakurangdaya/listrik atau memang aki sudah rusak. Jika aki kurang litrik maka kitadapatmengisinya dengan menyetrum aki sebaliknya, jikaakiandarusakmaka sebaiknyahal yang harus pembaca lakukan adalah dengan memasangaki yang baru.



0 Response to "Penyebab Motor mogok, Khususnya Motor Matic dan juga cara mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel